Sunday, July 1, 2007

Aku Seorang Muslim!

Ada yang sudah nonton Ice Age 2 ? Ya, kalau yang sudah menontonnya pasti kenal dengan Manny dan Alley, 2 ekor mamoth yang menjadi tokoh utama dalam film tersebut.

 

Dikisahkan 3 sahabat yang hidup pada zaman es Manny, Diego dan Sid. Manny seekor mamoth, Diego seekor harimau dan Sid adalah platypus. Es akan mencair pada saat itu sehingga mereka bersama hewan lainnya harus pergi ke tempat lain. Didalam perjalanan Manny, Diego dan Sid bertemu Alley dan 2 sahabatnya 2 ekor lemur. Manny yang mengira hanya tinggal dia mamoth yang masih hidup sangat gembira bertemu Alley, apalagi Alley seekor mamoth betina. Namun ternyata Alley tidak mengakui dia seekor mamoth, dia mengaku seekor lemur. Saya seekor lemur! begitu kata Alley dan itu dikuatkan oleh 2 temannya yang juga lemur.

 

Pada suatu malam Alley berjalan di sebuah hutan dan teringat pada sebuah pohon yang ternyata mengingatkan masa lalunya. Sementara Manny mengikutinya dari belakang. Dalam ingatannya dikisahkan Alley kecil berjalan sendiri dalam badai salju yang sangat dingin, kemudian dia berteduh pada pohon tersebut dan beristirahat. Kemudian Alley bertemu seekor lemur dan lemur tersebut mempunyai 2 ekor anak. Akhirnya seharĂ­ – hari Alley bergaul dengan lemur dan beraktivitas layaknya lemur. Setelah mengingat masa lalunya Alley sadar dan ketika ingin beranjak pergi dari hutan tersebut melihat bekas telapak kaki Manny dan bekas telapak kakinya sendiri yang berukuran sama. Sejak saat itu Alley telah menyadari dirinya bukan lemur, dia adalah mamoth.

 

Berbicara mengenai jati diri pastinya tidak terlepas dari pencitraan diri atau positioning diri. Kedua hal ini saling terkait satu sama lain. Jika kita tahu siapa diri kita maka otomatis kita punya positioning diri kita sebenarnya. Hal yang mudah ntuk mengetahui jati diri kita adalah menjawab tiga pertanyaan penting dalam hidup ini :

 

Pertama adalah siapa diri kita? Mudahnya kita adalah manusia. Namun, jawabannya tidak sesederhana itu. Dalam surat Adz Zariyaat ayat 56 jelas sekali maknanya bahwa kita adalah manusia yang diciptakan Allah hanya untuk beribadah. Dan tentunya ibadah yang benar adalah ibadah yang dalam kerangka dinul islam. Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku (Adz Zariyaat : 56). Kedua adalah dari mana asal kita? Kita bisa mengetahuinya jika menilik kembali penciptaan manusia pertama yaitu Nabi Adam. Dan yang terakhir adalah mau kemana kita? Sebenarnya mau kemana manusia ini? Setelah alam dunia, perjalanan manusia masih akan berlanjut ke alam kubur dan kemudian akan berakhir di akhirat (surga atau neraka). Jadi jelaslah perjalanan manusia ini dengan mengetahui jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut.

 

Setelah kita memahami benar siapa, dari mana dan mau kemana diri kita, kita akan punya citra diri yang ini tidak bisa dibeli oleh apapun. Karena orang – orang mukmin telah melakukan jual beli dengan Allah sebelumnya. Sesungguhnya Allah membeli dari orang – orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah, sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al – Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepatinya janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu dan demikian itulah kemenangan yang agung (At Taubah : 111).

 

Aku adalah seorang muslim. Begitu seperti judul diatas. Itulah jati diri kita sebenarnya seperti Alley yang menyadari bahwa ternyata dia adalah seekor mammoth dalam cerita Ice Age 2. Sebagai tindak lanjutnya adalah implementasi sikap kita dalam kehidupan sehari – hari yang mencitrakan diri seorang muslim. Al – Qur’an adalah petunjuk hidup bagi seorang muslim ditambah sunnah Rasul yang menjadikan citra diri kita adalah sebuah akhlak yang mencerminkan apa yang terkandung dalam Al – Qur’an dan sunnah Rasul.

 

Ada pepatah bilang bahwa you are what you read. Kamu adalah apa yang kamu baca. Citra diri kita akan terlihat jika berpegang pada “suatu dasar” yang mencirikan hidup kita. Citra seorang muslim berbeda dengan orang lain dan itu pasti. Oleh karena itu tunjukkanlah bahwa kita seorang muslim. Show that you are mouslem!

 

 

Tulisan ini pernah lolos tahap seleksi pertama Lomba Artikel Auladi Parenting Magazine bulan Maret 2007

 

 

No comments:

Post a Comment