Thursday, August 16, 2012

Hikmah, part # 2

I'tikaf Jonggol 1432 H

Di kala kegalauan skripsi pada Ramadhan tahun lalu, saya mendapat sms tentang program i'tikaf Ramadhan bertema "wirausaha" di Jonggol dari seorang Kawan lama satu koperasi dulu. Saya ingin ikut, tapi karena fokus skripsi, maka 10 hari terakhir saya habiskan di Cirebon hingga lebaran. Akhirnya informasi itu saya berikan kepada seorang Kawan dan teman saya tersebut sangat tertarik untuk mengikutinya.

Let's Move On!


Apa jadinya jika seseorang terfokus pada satu hal namun justru aktivitas tersebut membuatnya tidak produktif? Tentunya ia telah menyia-nyiakan waktunya. Dan orang-orang yang menyia-nyiakan waktunya adalah orang yang merugi. Maka sudah saatnya saya bergerak menuntaskan skripsi karena saya sudah berjanji untuk lulus tepat waktu.

Di saat pikiran terpusat pada skripsi, seorang Kawan malah menyuruh saya mengikuti sebuah program kompetisi bisnis nasional. Saya sebenarnya malas, tapi akhirnya proposal  tentang bisnis pelatihan dibuat juga pada H-1 deadline penerimaan proposal. Kemudian dalam hati berdo'a: "Semoga tidak lolos."

Namun takdir Allah berkata lain saya dan tim justru masuk semifinal dan harus presentasi di hadapan juri saat itu juga. Hasilnya? Saya lolos ke final dan harus mengikuti kompetisi selama 2 bulan di bulan Desember 2011-Januari 2012, padahal di saat-saat itu skripsi harus sudah selesai bahkan di forumkan.

Oktober 2011

Kurang lebih sebulan setengah sebelum kompetisi dimulai saya mendapat undangan untuk mengisi training pembelajaran hipnoterapi dasar selama 2 hari di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Saya sendiri mendapat rekomendasi dari seorang Kawan yang mengenal saya di sebuah komunitas outbond training yang saya ikuti di bulan Maret 2011. Dari situlah ia mengenal saya sebagai trainer berlisensi untuk mengajarkan hipnoterapi dari skill dasar hingga lanjutan.

Sejak saya memberi pelatihan pada pertengahan Oktober tersebut saya mengenal beberapa Kawan baru dari UPI terutama jurusan Psikologi. Tentunya hal ini membuka kesempatan untuk bisa silaturahim kembali dalam kesempatan yang sama maupun berbeda.

Beberapa hari sebelum Idul Adha 1432 H. Saat itu saya duduk termenung memikirkan kompetisi. Saya juga memikirkan tempat yang tepat untuk mengadakan pelatihan hipnoterapi selanjutnya yang diadakan pada bulan Desember. Di saat itu pikiran melayang mengingat teman-teman baru dari UPI. Spontan saya memberitahu mereka dan ingin bertemu mereka.

Tak Ada Yang Kebetulan

Akhirnya saya mendapat bantuan dari teman-teman UPI ketika mengadakan pelatihan hipnoterapi dasar di bulan Desember. Dan berkat bantuan mereka pula satu event yang juga masuk dalam program kompetisi yang kami ikuti terselenggara berkat bantuan mereka. Alhamdulillah... Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Saya bertemu dengan seorang Kawan di komunitas salah satu provider outbond training, kemudian ia merekomendaskan saya memberi pelatihan hipnoterapi, saya bertemu teman-teman Psikologi UPI yang menyelenggarakan event tersebut, dan kini mereka membantu event
kami.

Di akhir program kompetisi bisnis, dari 80 peserta finalis seluruh Jawa kami tidak termasuk salah satu pemenangnya. Saya kecewa? Tidak, karena tentu saja saya mendapatkan pengalaman dan ilmu baru selama 2 bulan kompetisi. Selain itu ada satu hal yang saya dapatkan yang justru nilainya jauh melebih hadiah para pemenang: 15 juta, IPAD, & Playbook BB.

Apakah itu?

Bersambung...

I'tikaf Jonggol 1433 H, 16 Agustus 2012

Duddy Fachrudin

No comments:

Post a Comment