Saturday, February 18, 2012

Miracle dan MYFA

"Qur'an kreatif? Memangnya bisa, Qur'an dikreasikan? Itu kitab suci loh!" Mungkin demikian yang Anda pikirkan ketika mendengar kata "kreatif" disematkan pada Al Qur'an. Tentu saja yang dimaksud dengan kreatif di sini bukanlah mengubah-ubah isi Al Qur'an, melainkan menyajikan Al Qur'an apa adanya, namun dengan cara yang sangat kreatif dan menarik.

Pihak yang paling menonjol dalam menyajikan Qur'an kreatif adalah Syaamil Al Qur'an, salah satu unit bisnis strategis dari penerbit Sygma Publishing. Produk unggulan Syaamil Qur'an saat ini adalah Miracle the Reference (Miracle) dan yang terbaru adalah MYFA (My First Al Qur'an), Al Qur'an untuk anak-anak.

"Kreatifitas yang kami sajikan dalam Miracle dan MYFA adalah dari segi desain tampilan yang menarik, feature produk yang sangat lengkap, serta inovasi-inovasi yang selalu baru. Orang kan harus dibuat tertarik terlebih dahulu sebelum mau membaca dan mendalami Al Qur'an. Kita raih dulu emotional appeal pembaca, baru kemudian mereka merasakan manfaat produk," ujar Febrianto Z. Mooduto, Manager Marketing Komunikasi Sygma Publishing. Lebih lanjut ia menjelaskan, Sygma Publishing adalah produsen Qur'an pertama yang mengandalkan kreativitas dan inovasi sebagai unggulannya.

Tujuan utama kreatifitas ini adalah untuk memudahkan umat Muslim memahami Al Qur'an. "Al Qur'an tidak hanya perlu dibaca, tetapi juga harus dipahami. Dengan Miracle dan MYFA, upaya memahami Al Qur'an menjadi sangat mudah. Kalau sudah paham, maka akan lebih mudah juga mewujudkan pesan-pesan dalam Qur'an tersebut," tambah Febrianto. "Apalagi Syaamil Qur'an juga cocok untuk semua anggota keluarga, mulai dari usia SD hingga usia kakek-nenek sekalipun. Miracle untuk usia remaja hingga dewasa, sedangkan MYFA untuk anak. Bayangkan jika seluruh keluarga rajin membaca Al Qur'an dan memahaminya dengan benar, insya Allah keluarga itu dirahmati Allah Swt."

Unsur kreativitas Miracle sudah terlihat dari banyaknya feature produk, yakni mencakup 22 keunggulan dalam satu Al Qur'an: terjemah tafsiriyah perkata, sistem pewarnaan dan panduan tajwid, terjemah kementrian Agama RI, tafsir Ath Thabari dan Ibnu Katsir, hadits shahih, do'a dan dzikir, kosakata, asbabun nuzul, penjelasan asmaul husna, indeks, sirah nabawiyah, peta, DVD belajar membaca Al Qur'an, dan sebagainya. Desain isi Miracle juga nampak cantik elegan, rapi, tapi tetap mudah dibaca. Semua ini membuat Miracle tidak membosankan dan membuat pembacanya betah berlama-lama menelaah kandungannya untuk dijadikan panduan hidup.

Hal ini diakui Eriyanti, seorang wartawati senior sebuah surat kabar di Bandung. "Saya berterima kasih sekali loh sama Sygma. Soalnya kalo baca Miracle nggak abis-abis. Ingin terus-terusan baca. Saya biasanya membaca Al Qur'an biasa paling lama 30 menit, tapi kalo baca Miracle bisa berjam-jam. Kreativitas yang disajikan Miracle luar biasa. Membaca Miracle seperti tenggelam dalam tahmid, takbir, dan hamdalah. Bangga sekali melihat hasil para ahli yang bersatu untuk kemuliaan Islam," ujarnya antusias.

Tidak heran jika dengan kelebihannya ini, Miracle selalu berhasil mencapai rekor penjualan. "Hanya dalam waktu satu bulan, Miracle the Reference sudah dipesan hingga puluhan ribu eksemplar," jelas Febriyanto lagi.

Keunggulan kreativitas dalam Miracle dilanjutkan dalam MYFA. MYFA yang terdiri dari 4 buku ini menyajikan 12 keunggulan: khat tajwid, yang jelas dan tepat untuk dibaca anak-anak, terjemah, adab membaca Qur'an, kisah-kisah sirah nabawiyah, peta, pengetahuan tematik ayat, tokoh-tokoh Islam dunia, do'a harian, kamus 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), dan sebagainya. Belum lagi ilustrasi yang menarik dan penuh warna, membuat anak membaca Qur'an seperti layaknya membaca buku kesukaan mereka.

"Kami merancang MYFA sekreatif mungkin agar buah hati kita tertarik dengan Al Qur'an sejak pertama kali mereka memilikinya. MYFA menjadi jembatan interaksi anak-anak dengan Al Qur'an. Harapan kami, anak akan terbiasa menjadikan Al Qur'an sebagai sahabat dalam kehidupannya," imbuh Febrianto.

Seluruh upaya kreatif yang dilakukan Syaamil Al Qur'an dalam Miracle dan MYFA ini tentu saja tidak mengurangi unsur kesahihan referensi yang digunakan. Semua materi dalam kedua pokok ini berdasarkan referensi yang sahih dan komprehensif. Cukup Miracle dan MYFA di rumah, insya Allah seluruh keluarga merasakan manfaatnya untuk kehidupan dunia-akhirat.

(From Sygma Publishing)

http://syaamilquran.com/
http://www.sygmapublishing.com/

No comments:

Post a Comment