Monday, February 16, 2009

Prinsip Menjadi Kaya 5

Prinsip 5 : Belajar bukan menyalahkan (BEJ). Enjoy...!

BEJ adalah singkatan dari Blame, Excuse, Justify. Yang dimaksud Blame adalah menyalahkan orang lain. Excuse berarti beralasan. Dan justify menghakimi atau membenarkan.

Apa perbedaan orang kaya dan miskin? Bisa dilihat dari BEJ-nya. Orang miskin ”mungkin” berperilaku BEJ.

Supaya mudahnya, kita simak analoginya ;

Orang miskin saya katakan saja ”mungkin” akan menyalahkan lingkungannya. ”Anjrit, kenape gue bisa miskin kayak gini. Sehari-hari cuma bisa makan dengan ikan asin, krupuk dan sambel doank. Ah... pantesan aje Enyak ame Babe miskin. Gue udeh terlahir hidup miskin!” Begitulah ciri-ciri orang miskin. Nyalahin mulu kerjaannya.

”Eh, mad. Kenape lu nggak bantu Nyak lu aje jualan nasi bungkus di terminal sono?” seru Babe kepada Somad.

”Wah, Somad kan masih sekolah Beh, entarlah kalo udah lulus baru gawe,” Somad beralasan.

Peluang menjadi kaya sangat banyak, kawan. Seperti prinsip yang ketiga : Peluang Ada Dimana-mana. Kalo kita nunggu, nunggu & nunggu mo sampe kapan kayanya? Orang miskin banyak beralasan namun no action.

Kemudian, justify. ”Dia mah bisa kaya karena punya kepintaran atau bakat,” atau, ”Bokapnya kan tajir, jadi pantes aja dia kaya.” Nah, orang yang miskin bakal berkata demikian. Ia men-justify keberadaan orang lain dan nggak mau belajar untuk dirinya. Emang ada orang yang tadinya miskin, trus jadi kaya : BANYAK! Kuncinya adalah mau belajar.

So? Orang yang ingin kaya tidak akan melakukan BEJ. That is the keyword. Well, selamat berjuang dan sampai ketemu lagi di prinsip berikutnya.

No comments:

Post a Comment