Thursday, January 15, 2009

Prinsip Menjadi Kaya 4

Prinsip 4 : Be – Do – Have

Be : Menjadi, Do : Melakukan, Have : Mempunyai

Proses menjadi kaya adalah seperti diatas. Kita harus Be dulu setelah itu Do kemudian akan Have. Banyak orang yang ingin kaya langsung ingin memilki (have) tapi tidak ingin prosesnya yaitu menjadi (be) dan melakukan (have). Makanya orang – orang tersebut tidak akan bertahan lama dengan kekayaannya, karena tetap saja mental dan habbitnya masih seperti orang miskin.

Contohnya saja anak yang tiba – tiba mendapatkan warisan melimpah dari orangtuanya. Jika ia belum memiliki jiwa ”menjadi” dan ”melakukan” seperti orang kaya, niscaya harta tersebut tidak akan lama untuk habis dikonsumsinya. Atau seorang artis yang berpenghasilan ”wah”, namun dalam managemen keuangannya amburadul. Akhirnya ia pun bangkrut.

Orang – orang kaya mempunyai pola pikir dan habbit yang berbeda dengan ”orang miskin”, ini bisa dimasukkan dalam kategori Do. Ada rumus sederhana bagi orang kaya yaitu 6-3-1. Jika ia mempunyai penghasilan 10, maka 6 akan diinvestasikan untuk bisa menghasilkan kekayaan baru. Sementara 3 ditabung dan 1 untuk keperluan hidupnya.

Banyak Do yang bisa dipraktekkan untuk kemudian Have. Misalnya lagi dengan menunda kesenangan dan masuk pada zona tidak nyaman. Lihat saja pengusaha – pengusaha sukses sekarang. Jika tidak bubur makannya atau nasi dengan lauk seadanya, bahkan tidak jarang dengan makan mie rebus ketika masih belum sesukses sekarang. Sementara untuk Be, kita harus memilki karakter seperti orang kaya. Kita juga bisa membuat nilai tambah dengan apa yang kita usahakan.

Well, untuk menjadi kaya kita punya proses yaitu Be – Do – Have. Selamat berjuang!

1 comment: