Tuesday, November 11, 2008

Prinsip Menjadi Kaya 2

Prinsip 2: Gunakan faktor kali

Yang dimaksud faktor kali adalah sesuatu hal yang sekali kita sentuh akan berefek multiplier.

Supaya mudahnya, simak kisah berikut. Seorang pengusaha bakso yang sudah ngetop mulai membuka cabang gerai baksonya di beberapa tempat. Setelah melakukan riset pasar, ia akhirnya membuka cabang barunya tersebut. Dalam waktu yang tidak lama, gerai-gerai barunya laris manis. Kemudian ia menambah cabang lagi, sampai akhirnya membuat sistem franchise dan mem-franchise-kannya.

Dari cerita di atas, kita bisa mengetahui karakter pebisnis-pebisnis yang cerdik. Setelah usahanya mapan, mereka dengan gesit menambah yang baru dan seterusnya. Oleh karena itu pengusaha adalah orang yang kaya semakin kaya.

Btw, bagaimana dengan karyawan? Karyawan bisa menggunakan nilai tambah untuk menjadikannya semakin kaya dengan menunjukkan etos kerja yang luar biasa. Tapi ia tidak mempunyai usaha?

Karyawan yang sukes dalam sebuah perusahaan adalah karyawan yang sungguh-sungguh bekerja tidak hanya karena materi yang akan didapat. Ia akan berusaha memajukan perusahaan dengan ide / gagasan yang kemudian dituangkan untuk meningkatkan omset perusahaan. Nah dari situ kita yang karyawan bisa menggunakan prinsip ini untuk meningkatkan kesejahteraan dirinya. Artinya jadilah intrapreneur, yakni karyawan yang memilki jiwa entrepreneur.

Faktor kali ini sudah harus diperhatikan jika usaha yang ditempuh seseorang sudah mulai beranjak kearah yang positif. Tentunya usaha tersebut memiliki nilai tambah yang bermanfaat bagi pengguna produk / jasa yang ditawarkan.

Ok, ada nilai tambah, ada faktor kali. Kita bersua kembali ke prinsip menjadi orang yang kaya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment